Blogger templates

assalamu'alaikum para sanri monggo dokumen nya di bagikan

Sabtu, 20 September 2014

0 PROSES TERBENTUKNYA LAM ALIF


sekarang q juga ada pertanyaan aneh


Deskripsi:

dalam huruf hijaiyah semua
hurufnya memakai juz mufrod

alias 1 huruf
sendiri tp ada 1 huruf yang beda dengan yang
lainnya yaitu LAM ALIF

Pertanyaan :

1.kenapa cuma lam alif yang dua
huruf jadi satu

2.yang mana yang lebih dulu antara alif dan
lam ?


JAWABAN DARI MR. GHOIB

reff : kitab annuqthu hal 7

ulama'-ulama' nahwu kuno bersilang pendapat tengtang sisi LAM vs ALIF / hamzah (lam alif)


PENDAPAT 1

dari imam kholil bin ahmad berargumen bahwa

sisi penempatan pertama pada huruf LAM ALIF adalah alif dan yang ke dua lam

PENDAPAT KE 2

Dari imam HAFFAS ulamak spesialis nahwu

berpendapat bahwa justru yang menempati posisi 1 adalah huruf lam dan yang ke dua adalah alif

pendapatnya imam kholil di apresiasi oleh ABU 'AMRU

bahwa lam pada lam alif memang lebih dulu lam buktinya ada pada surat al quraisy ayat pertama

Dari kedua pendapat di atas ulama' AHLI TITIK (nahwu)

mengaris tengahi dengan pendapat

bahwa pendapat imam kholil benar

dengan dasar dalam penulisan ulama'2 kuna ahli khot menulis dari sebelah kiri

dan menurutnya (ulama' khot) hanya orang BODOH yang berselisih pendapat bahwa penulisan lam alif diawali dari kanan (lam)

PROSER TERBENTUKNYA HURUF LAM ALIF

menurut ulama NUQT proses terbentuknya penulisan huruf lam alif ialah

dengan cara mengumpulkan lam dan alif jadi satu kemudian metode penulisan nya DIPINTAL kemudian di desaian lam ada di awal dan alif ada di ahir walaupun secara penulisan pertama alif

QOIDAH : dari penulisan dari ulama' KHOTH mengatakan penulisan huruf lam alif di mulai dari huruf ali baru lam

pendapat ini selaras dg pendapatnya imam kholil

sedangkang dari

QOIDAH PEMOSISIAN

huruf yang ada di awal dr pelafadzan itulah yang pertama sebagaimana dari yang terlihat pada huruf lam alif

pendapat ini selaras dengan pendapatnya imam AHFAS dan ABU AMRU pada pendapat ini imam kholi beserta pengikutnya sepakat membenarkan pendapatnya imam ahfas

KESIMPULAN : kedua pendapat diatas BERBEDA TAPI SAMA







اعلم إن القدماء من النحويين اختلفوا أي الطرفين من اللام الف هي الهمزة فحكى عن الخليل بن احمد رحمه الله انه قال أن الطرف الأول هو الهمزة والطرف الثاني هو اللام وذهب إلى هذا القول عامّة أهل النقط واستدلوا على صّحة ذلك بأن رَسْمَ هذه الكلمة كانت أولا كما ترى"لا"لاما مبسوطة في طرفها الف كنحو رسم ما اشبه ذلك مما هو من حرفين من سائر حروف المعجم نحو"ما"و"ها"وشبهما إلا انه استثُقل رسم ذلك كذلك في اللام الف خاصّة لاعتدال طرفيه إذ كان يشبه كتاب الاعجام فُحسن رسمه بالتصفير فضُمّ أحد الطرفين إلى الآخر فأيهما إلى صاحبه كانت الهمزة أولا ضرورةً ويعتبر حقيقة ذلك بأن يؤخذ شيء ويضفّر ويخرج كل واحد من الطرفين إلى جهة ثم يقام اُلطرفان يتبين في اُلوجهين أن الأول هو الثاني في الأصل وان الأول لا محالة قالوا وأيضا فأن من اتقن صناعة الخط من اُلكتّاب اٌلقدماءِ وغيرهم فإنما يبتدئ برسم الطرف الأيسر قبل الطرف الأيمن ولا يخالف ذلك ألا من جهل صناعة الرسم إذ هو بمنزلة من ابتدأ برسم الألف قبل الميمم في نحو"ما"وشبهه ذلك مما هو عَلى حرفين فتثبت بذلك أَيضا أن الطرف الأول هو الهمزة وان الطرف الثاني اللام إذ الأول في اصل القاعدة هو الثاني هو الأول وإنما اختلف طرفهما من اجل التضفير وقال الاخفش النحوي بعكس ذلك فزعم أن الطرف الأول هو اللام والطرف الثاني هو الهمزة واستدل على صحة ما ذهب إليه بأن ما يُلفظ به أولا هو المرسوم أولا وما يلفظ به أخرا هو المرسوم أخرا قال ونحن إذا قرانا"لأتٍ "ولأيةً"وشبههما لفظنا باللام أولاً ثم بالهمزة بعد قال أبو عمرو وهذا من قال بالقول الأول لقول مخالفه به فيما يتفق فيه حركة الهمزة واللام بالكسر نحو قوله"لإِيلاف قريش"و"لإَخوانهم"وشبهه وفيما تختلف فيه نحو قوله"لأَقتُلَنَّك"و"لا لى الجحيم"وشبهه وذلك انه يجب على قوله وما أَصَّلَه أن تجعل الكسرة أولا والهمزة بعد ذلك فيوافق بذلك مذهب الخليل ومن تبعه إذ الأول في ذلك هو طرف اللام والثاني هو طرف الهمزة باتفاق
من كتاب النقط ص ٧

REFF : Kitab annuqthu hal 7
.
Mari Kita Saling Menghargai Sesama Blogger
Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share dimana saja.
Dan jika berkenan mohon mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih.
^_^

Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar



فما أبيح افعل ودع مالم يبح

FAMAA UBIIHAF'AL WADA' MAA LAM YUBIH


lakukanlah hal yang diperbolehkan
tinggalkanlah hal yang dilarang