sekarang q juga ada pertanyaan aneh
Deskripsi:
dalam huruf hijaiyah semua
hurufnya memakai juz mufrod
alias 1 huruf
sendiri tp ada 1 huruf yang beda dengan yang
lainnya yaitu LAM ALIF
Pertanyaan :
1.kenapa cuma lam alif yang dua
huruf jadi satu
2.yang mana yang lebih dulu antara alif dan
lam ?
JAWABAN DARI MR. GHOIB
reff : kitab annuqthu hal 7
ulama'-ulama' nahwu kuno bersilang pendapat tengtang sisi LAM vs ALIF / hamzah (lam alif)
PENDAPAT 1
dari imam kholil bin ahmad berargumen bahwa
sisi penempatan pertama pada huruf LAM ALIF adalah alif dan yang ke dua lam
PENDAPAT KE 2
Dari imam HAFFAS ulamak spesialis nahwu
berpendapat bahwa justru yang menempati posisi 1 adalah huruf lam dan yang ke dua adalah alif
pendapatnya imam kholil di apresiasi oleh ABU 'AMRU
bahwa lam pada lam alif memang lebih dulu lam buktinya ada pada surat al quraisy ayat pertama
Dari kedua pendapat di atas ulama' AHLI TITIK (nahwu)
mengaris tengahi dengan pendapat
bahwa pendapat imam kholil benar
dengan dasar dalam penulisan ulama'2 kuna ahli khot menulis dari sebelah kiri
dan menurutnya (ulama' khot) hanya orang BODOH yang berselisih pendapat bahwa penulisan lam alif diawali dari kanan (lam)
PROSER TERBENTUKNYA HURUF LAM ALIF
menurut ulama NUQT proses terbentuknya penulisan huruf lam alif ialah
dengan cara mengumpulkan lam dan alif jadi satu kemudian metode penulisan nya DIPINTAL kemudian di desaian lam ada di awal dan alif ada di ahir walaupun secara penulisan pertama alif
QOIDAH : dari penulisan dari ulama' KHOTH mengatakan penulisan huruf lam alif di mulai dari huruf ali baru lam
pendapat ini selaras dg pendapatnya imam kholil
sedangkang dari
QOIDAH PEMOSISIAN
huruf yang ada di awal dr pelafadzan itulah yang pertama sebagaimana dari yang terlihat pada huruf lam alif
pendapat ini selaras dengan pendapatnya imam AHFAS dan ABU AMRU pada pendapat ini imam kholi beserta pengikutnya sepakat membenarkan pendapatnya imam ahfas
KESIMPULAN : kedua pendapat diatas BERBEDA TAPI SAMA
اعلم إن القدماء من النحويين اختلفوا أي الطرفين من اللام الف هي الهمزة فحكى عن الخليل بن احمد رحمه الله انه قال أن الطرف الأول هو الهمزة والطرف الثاني هو اللام وذهب إلى هذا القول عامّة أهل النقط واستدلوا على صّحة ذلك بأن رَسْمَ هذه الكلمة كانت أولا كما ترى"لا"لاما مبسوطة في طرفها الف كنحو رسم ما اشبه ذلك مما هو من حرفين من سائر حروف المعجم نحو"ما"و"ها"وشبهما إلا انه استثُقل رسم ذلك كذلك في اللام الف خاصّة لاعتدال طرفيه إذ كان يشبه كتاب الاعجام فُحسن رسمه بالتصفير فضُمّ أحد الطرفين إلى الآخر فأيهما إلى صاحبه كانت الهمزة أولا ضرورةً ويعتبر حقيقة ذلك بأن يؤخذ شيء ويضفّر ويخرج كل واحد من الطرفين إلى جهة ثم يقام اُلطرفان يتبين في اُلوجهين أن الأول هو الثاني في الأصل وان الأول لا محالة قالوا وأيضا فأن من اتقن صناعة الخط من اُلكتّاب اٌلقدماءِ وغيرهم فإنما يبتدئ برسم الطرف الأيسر قبل الطرف الأيمن ولا يخالف ذلك ألا من جهل صناعة الرسم إذ هو بمنزلة من ابتدأ برسم الألف قبل الميمم في نحو"ما"وشبهه ذلك مما هو عَلى حرفين فتثبت بذلك أَيضا أن الطرف الأول هو الهمزة وان الطرف الثاني اللام إذ الأول في اصل القاعدة هو الثاني هو الأول وإنما اختلف طرفهما من اجل التضفير وقال الاخفش النحوي بعكس ذلك فزعم أن الطرف الأول هو اللام والطرف الثاني هو الهمزة واستدل على صحة ما ذهب إليه بأن ما يُلفظ به أولا هو المرسوم أولا وما يلفظ به أخرا هو المرسوم أخرا قال ونحن إذا قرانا"لأتٍ "ولأيةً"وشبههما لفظنا باللام أولاً ثم بالهمزة بعد قال أبو عمرو وهذا من قال بالقول الأول لقول مخالفه به فيما يتفق فيه حركة الهمزة واللام بالكسر نحو قوله"لإِيلاف قريش"و"لإَخوانهم"وشبهه وفيما تختلف فيه نحو قوله"لأَقتُلَنَّك"و"لا لى الجحيم"وشبهه وذلك انه يجب على قوله وما أَصَّلَه أن تجعل الكسرة أولا والهمزة بعد ذلك فيوافق بذلك مذهب الخليل ومن تبعه إذ الأول في ذلك هو طرف اللام والثاني هو طرف الهمزة باتفاق
من كتاب النقط ص ٧
REFF : Kitab annuqthu hal 7
Mari Kita Saling Menghargai Sesama Blogger
Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share dimana saja.
Dan jika berkenan mohon mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih.
^_^
0 komentar:
Posting Komentar
فما أبيح افعل ودع مالم يبح
FAMAA UBIIHAF'AL WADA' MAA LAM YUBIH
lakukanlah hal yang diperbolehkan
tinggalkanlah hal yang dilarang